Why Touch Screen Technology? | ViewSonic Touch

Mengapa Harus Menggunakan Teknologi Layar Sentuh?

Pandangan mendalam tentang dasar-dasar teknologi panel sentuh, manfaat, serta karakteristik.

Dunia semakin berubah ke arah digital dan semakin banyak interaksi sehari-hari kita yang digantikan dengan sistem digital.



Salah satu dari sekian teknologi yang memfasilitasi transisi ini adalah teknologi layar sentuh. Sebagian besar dari kita sudah mengenalnya. Bahkan jika anda adalah pengguna smartphone, maka berarti anda telah berinteraksi dengan layar sentuh setiap hari.

Manfaat dan praktisnya teknologi layar sentuh tidak dapat disangkal. Pada kenyataannya, banyak dari industri bisnis telah menyadari manfaat dari mengadopsi teknologi ini. Namun, terlepas dari kemudahannya bagi para pengguna, ada lebih banyak lagi manfaat dari teknologi ini daripada yang terlihat.

Selanjutnya, kita akan melihat mengapa investasi dalam teknologi monitor sentuh merupakan ide bagus dan layak didiskusikan lebih lanjut untuk memanfaatkan teknologi ini agar dapat membawa keuntungan bagi bisnis Anda. Untuk memahami potensi ini, kita harus menyelami varian teknologi layar sentuh yang berbeda.

Berbagai Macam Tipe Teknologi Layar Sentuh

Ketika berbicara mengenai teknologi layar sentuh, ada sejumlah jenis teknologi yang berbeda di pasar, masing-masing memiliki serangkaian karakteristiknya sendiri.

Resistive, optical, projected capacitive dan infrared adalah empat dari teknologi layar sentuh yang paling umum. Masing-masing memiliki aplikasi yang berbeda dan dapat mendukung bisnis anda dengan efektif. Di bawah ini adalah garis besar karakteristik yang umumnya terkait dengan masing-masing teknologi ini.

Resistive Touch

Teknologi resistive touch dapat ditemukan di berbagai perangkat, termasuk monitor sentuh dan sistem navigasi mobil. Panel resistif sensitif terhadap tekanan, yang berarti teknologi ini menggunakan tekanan yang ditempatkan langsung di layar sebagai alat untuk mendeteksi perintah.

Layar sentuh resistif (resistive touch screen) umumnya merupakan layar sentuh satu titik (single-point-touch) dan biasanya berukuran kurang dari 20 inci.

Tidak seperti teknologi sentuh lainnya, panel sentuh resistif ditutupi oleh dua lapisan film elektroda transparan dengan spacer di antaranya. Metode input berbasis tekanan ini berarti bahwa panel resistif dapat dioperasikan dengan hampir semua jenis sentuhan, termasuk jari, stylus, dan bahkan ketika menggunakan sarung tangan.

Sebagai hasil dari lapisan ganda film transparan di atas panel, transmisi cahaya tidak sekuat ketika menggunakan jenis teknologi sentuhan lainnya. Panel sentuh resistif juga tidak dikenal sebagai teknologi panel sentuh yang paling tahan lama karena tekanan perlu diterapkan pada layar.

Resistive touch secara keseluruhan membutuhkan budget yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan teknologi panel sentuh lainnya, menjadikannya pilihan tepat untuk penggunaan single-point touch yang sederhana.

Kelebihan resistive touch:

  • Solusi layar sentuh yang hemat budget
  • Dapat digunakan dengan jari, stylus, dan sentuhan dengan memakai sarung tangan
  • Masih dapat digunakan walaupun layar terkena tetesan air

Kekurangan resistive touch:

  • Transmisi cahaya yang lebih lemah dan kurang tahan lama apabila dibandingkan dengan teknologi sentuh lainnya
  • Tidak bisa multi-touch (sentuhan lebih dari satu titik)

Optical Imaging Touch

Teknologi optical imaging touch menggunakan kamera inframerah dan cahaya untuk mendeteksi sentuhan yang masuk ke panel. Akurasi deteksi sentuhan pada tampilan optical imaging touch dapat bervariasi berdasarkan komponen yang digunakan.

Panel optical imaging touch bersifat multi-touch (dapat mendeteksi lebih dari satu sentuhan) dan biasanya berukuran antara 19 - 100 inci. Karena system deteksi sentuhan pada perangkat ini bekerja dengan cara pencitraan, segala bentuk sentuhan, apakah itu jari, stylus, sentuhan bersarung, dan lain lain, dapat digunakan untuk memasukkan perintah pada layar.

Transmisi cahaya pada layar sentuh dengan teknologi optical imaging, atau yang selanjutnya disebut sebagai layar sentuh optikal, cenderung sangat baik karena tidak ada lapisan penghalang yang digunakan pada layar itu sendiri. Selain itu, layar sentuh optikal cenderung bertahan lama karena sentuhan cahaya yang terkait dengan varian teknologi ini umumnya tidak menyebabkan keausan.

Optical imaging adalah teknologi yang sering digunakan untuk penggunaan layar sentuh yang lebih besar.

Selain itu, layar sentuh optik cenderung tahan lama karena sentuhan cahaya yang terkait dengan varian teknologi ini umumnya tidak menyebabkan keausan.

Kelebihan Optical Imaging Touch:

  • Transmisi cahaya yang tinggi
  • Tahan lama
  • Beragam metode input dapat digunakan (jari, stylus, sarung tangan, dll.)
  • Multi-touch

Kekurangan Optical Imaging Touch:

  • Tidak sepadat teknologi layar sentuh lainnya

Projected Capacitive Touch

Layar sentuh kapasitif yang diproyeksikan adalah teknologi sentuhan yang umum digunakan di pasar telepon pintar; jika Anda menggunakan iPhone maka Anda sudah terbiasa menggunakan sentuhan kapasitif proyektif. Sentuhan kapasitif yang diproyeksikan biasanya digunakan pada layar sentuh yang lebih kecil dan dikenal untuk pengenalan sentuhan yang sangat tepat dan waktu respons yang cepat.

Panel sentuh kapasitif mampu melakukan multi-point touch dan umumnya berukuran kurang dari 32 inci.

Karena layar sentuh kapasitif mendeteksi sentuhan sebagai perintah melalui arus listrik, lebih sulit untuk membuat ukuran lebih besar daripada ukuran standard. Tidak seperti teknologi resistive touch,proyeksi panel sentuh kapasitif dapat berinteraksi dengan melalui jari atau sentuhan pena konduktif tetapi tidak dapat menggunakan sarung tangan.

Transmisi cahaya dari panel sentuh kapasitif sangat baik, seperti juga akurasi deteksi sentuh. Selain itu, lapisan kaca dan plastik pada proyeksi layar panel sentuh kapasitif umumnya sangat tahan lama dan tahan debu.

Projected Capacitive Touch Technology atau teknologi sentuh kapasitif terproyeksi sering disebut-sebut memberikan pengalaman pengguna terbaik dari semua teknologi layar sentuh. Kebanyakan karena teknologinya yang sangat canggih.

Kelebihan Projected Capacitive Touch:

  • Memberikan pengalaman pengguna terbaik
  • Deteksi sentuhan dengan akurasi tinggi
  • Transmisi cahaya yang tinggi
  • Tahan lama dan tahan debu
  • Multi-touch

Kekurangan Projected Capacitive Touch:

  • Tidak dapat digunakan dengan memakai sarung tangan
  • Biaya cukup besar

Infrared Touch

Teknologi layar sentuh inframerah menggunakan interupsi sinar sebagai sarana untuk mendeteksi perintah sentuhan. Pada layar sentuh inframerah, sinar inframerah disusun dalam kisi-kisi di atas panel itu sendiri dan titik sentuh dihitung ketika sinar terinterupsi.

Layar sentuh inframerah mampu multi-point touch dan dapat ditemukan dalam ukuran mulai dari 20 - 150 inci. Perintah dapat dideteksi oleh panel sentuh inframerah dengan sentuhan jari, stylus tebal, atau sentuhan dengan memakai sarung tangan, meskipun akurasi deteksi sentuhan dapat bervariasi berdasarkan komponen internal yang digunakan.

Panel sentuh inframerah cenderung memiliki transmisi cahaya yang baik dan cukup tahan lama, namun paparan sinar matahari yang mengarah langsung ke layar sentuh inframerah dapat berdampak negatif pada pengguna karena silau dan pantulan.

Selain sentuhan pencitraan optik, sentuhan inframerah adalah teknologi lain yang dapat diterapkan untuk aplikasi dengan ukuran layar yang lebih besar.

Kelebihan Infrared Touch:

  • Transmisi cahaya yang tinggi
  • Tahan lama
  • Multi-touch

Kekurangan Infrared Touch:

  • Cahaya matahari dapat mempengaruhi penggunaan user

A Quick Comparison of
Touch Technologies

Resistive SAW (Surface Acoustic Wave) Optical Imaging Projected Capacitive Infrared
Transmissivity
Durability
Handwriting
Accuracy
Typical Display Size <20” <20” 19-100” <32” 20-150”
Multi-Touch? not typically, but some demonstrated not typically, but some demonstrated yes yes yes
Input Method

or stylus

or soft tip pen

anything

or conductive pen

or thick stylus

Challenges needs forceful touch but no sharp objects rain, dust contamination dust contamination,
strong light source >500 lux or >840 nm wavelength
can’t use with thick gloves sunlight, contamination wide bezel
Application for basic touch with 1 point gesture for basic touch with 1 point gesture Medium to large size, indoor touch For best user experience Large size, e-whiteboard

excellent/yes

good

fair

okay

varies

Summary

Resistive dan SAW

Ideal untuk tingkat ketahanan yang tinggi, titik sentuh tunggal, sarung tangan, dan membantu menunjang tulisan tangan

Optical Imaging

Ideal untuk gambar yang tajam, sensitifitas sentuhan yang lebih tinggi, dan menunjang kondisi yang membutuhkan multi-touch

P-CAP

Ideal untuk menunjang multi-touch, tahan lama dan sensitifitas, dan kontrol gestur

Infrared

Ideal untuk gambar yang tajam, tingkat ketahanan yang tinggi serta membantu dalam kondisi penggunaan sarung tangan

Siapa saja yang menggunakan teknologi layar sentuh?

Seperti yang telah kami sampaikan, telah ada perubahan besar menuju dominasi teknologi panel sentuh, dengan semakin banyak bisnis mengadopsi teknologi ini setiap tahun. Bahkan, anda akan sulit sekali menemukan bisnis hari ini yang belum menerapkan sama sekali teknologi panel sentuh, apapun bentuknya.

Alasannya, karena berbagai bisnis saat ini menyadari betapa menguntungkannya teknologi layar sentuh, berkat kemampuannya untuk meningkatkan produktivitas, pengalaman pelanggan, dan tampilan antarmuka yang mudah digunakan. Beberapa contoh industri yang menggunakan teknologi panel sentuh adalah sebagai berikut:

Lalu bagaimana industri ini menerapkan teknologi layar sentuh? Mari kita bahas beberapa contoh mengenai bagaimana layar sentuh digunakan saat ini.

Food & Beverage

Antrian panjang di restoran terutama ketika memasuki jam sibuk selalu bermasalah bagi pelanggan dan pegawai toko. Menunggu terlalu lama untuk dilayani dapat menyebabkan ketidaksabaran, kehilangan pelanggan dan ulasan bisnis yang buruk. Solusi layar sentuh dapat bertindak sebagai “self-service point” atau sistem layanan mandiri bagi pelanggan Anda untuk memesan dan membayar saat mereka menunggu, sekaligus menampilkan konten yang diiklankan seperti promosi dan acara yang berlangsung untuk membuat pelanggan tetap betah menunggu.

Transportasi

Apakah anda ingat hari-hari ketika tiba di bandara dimulai dengan mengantri untuk boarding pass anda? Untungnya bagi anda yang rutin bepergian, teknologi layar sentuh telah mengubah proses ini menjadi lebih baik. Saat ini yang perlu anda lakukan adalah memasukkan informasi anda, memindai paspor, dan anda bisa segera berangkat. Pasangkan ini dengan kios self-service seperti yang ada di stasiun angkutan umum di kota-kota modern seperti London dimana anda dapat mengatur seluruh perjalanan Anda hanya dari ujung jari Anda.

Banking & Finance

Lembaga perbankan memanfaatkan tanda tangan digital untuk mendigitalkan alur kerja mereka, menghemat waktu dan uang. Solusi tanda tangan digital menawarkan semua fungsionalitas metode tradisional (menggunakan pena dan kertas) tetapi dengan sejumlah besar manfaat tambahan, seperti kemananan yang lebih tinggi dan banyak lagi. Dengan tanda tangan digital, dokumen dapat dengan mudah disimpan tanpa perlu lemari arsip, dikirim secara digital ke pelanggan, dan mudah diambil untuk referensi di masa mendatang.

Keuntungan Teknologi Layar Sentuh

Proses yang Efisien

Kontrol sentuh menempatkan daya panel sentuh Anda di ujung jari Anda, menghasilkan operasi tampilan yang lebih cepat. Dalam pengaturan bisnis, pengurangan dalam waktu yang dihabiskan untuk melakukan operasi ini dapat memberikan banyak manfaat termasuk waktu antrian yang lebih pendek dan layanan yang lebih cepat untuk pelanggan Anda. Selain itu, manfaat ini dapat menciptakan efek domino dari hasil positif, termasuk kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan loyalitas merek yang lebih kuat dari pelanggan Anda.

Mudah Digunakan

Sejak smartphone layar sentuh diperkenalkan di pasaran, penggunaan teknologi layar sentuh menjadi universal. Dengan demikian, setiap orang telah menjadi terbiasa. Dalam hal ini, manfaat teknologi ini dua kali lipat; yaitu mudah diterapkan dan lebih cepat bagi karyawan untuk mengoperasikannya. Implementasi yang mudah akan memungkinkan karyawan untuk mulai menggunakan teknologi dan beradaptasi dengan segera, sehingga memungkinkan proses operasional lebih cepat.

Menarik & Interaktif

Karena layar sentuh sangat fleksibel dalam cara penerapannya, ia memiliki kemampuan untuk secara positif memengaruhi pengalaman pengguna. Menampilkan konten yang menarik untuk interaksi konsumen, misalnya, adalah cara yang baik untuk meningkatkan bisnis Anda diantara para pesaing.

Fitur Layanan Mandiri (Self-service)

Di luar interaksi karyawan, layar sentuh dapat bermanfaat bagi pelanggan. Di dalamnya, teknologi layar sentuh memungkinkan pengguna untuk melayani diri mereka sendiri. Fungsi ini dapat berguna untuk layanan informasi mal atau hotel serta pemesanan dan tampilan menu di restoran, sebagai contohnya. Dengan begitu, memungkinkan karyawan lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas-tugas dengan prioritas lebih tinggi dan memungkinkan pelanggan leluasa untuk mengeksplor sendiri.

Daya Tahan

Idealnya, layar sentuh harus mampu menahan interaksi fisik yang konstan. Dengan persepsi daya tahan dan penggantian terbatas, produsen layar sentuhpun berfokus untuk memberikan rentang hidup yang paling lama dan pencegahan kerusakan akibat kecelakaan.

Menghemat Tempat

Layar non-sentuh, seringkali, memerlukan periferal tambahan untuk pengoperasian. Penerapan teknologi sentuh menghilangkan kebutuhan untuk aksesori ini dan, melalui operasinya yang lebih cepat, menghasilkan ruang kerja yang lebih leluasa.

Peningkatan Efisiensi

Teknologi layar sentuh dapat meningkatkan efisiensi di tempat kerja dengan, misalnya, mengurangi waktu antrian. Peningkatan efisiensi ini diterjemahkan menjadi manfaat utama dengan memungkinkan karyawan untuk melayani lebih banyak pelanggan, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan.

Hemat Biaya

Mengalihkan alur kerja anda menjadi digital dengan teknologi layar sentuh berguna sebagai salah satu cara yang efektif untuk pengurangan biaya dengan menghilangkan pengeluaran pasokan kantor. Layar sentuh juga dapat mengurangi biaya penyimpanan dengan menghilangkan kebutuhan penyimpanan dokumen fisik.

Fitur apa saja yang harus dimiliki layar sentuh?

Sebagai patokan, semua jenis teknologi layar sentuh yang akan anda pilih harus memiliki karakteristik berikut:

Panel sentuh harus mudah digunakan.

Karena anda akan meminta karyawan untuk menggunakan teknologi baru, maka teknologi tersebut harus mudah bagi mereka pelajari, adaptasi dan mulai menggunakan dengan segera. Ini akan membantu menghemat waktu pelatihan karyawan tentang cara menggunakan teknologi baru dan akan menghemat uang dengan memungkinkan mereka untuk mulai menggunakan teknologi tersebut secara mulus untuk meningkatkan bisnis Anda.

Panel sentuh harus mudah diimplementasikan.

Anda seharusnya tidak perlu kuatir mengenai proses implementasi teknologi layar sentuh terbaru yang anda akan gunakan. Teknologi layar sentuh memiliki berbagai kompatibilitas dengan pilihan sistem operasi yang berbeda untuk membuat implementasi menjadi lancar dan tanpa kerumitan dengan memungkinkan Anda menggunakan sistem yang sudah dikenal oleh karyawan Anda sebelumnya.

Panel sentuh harus cukup tahan lama untuk digunakan.

Daya tahan yang lama akan menghemat uang dalam bentuk pengurangan biaya pemeliharaan dan penggantian. Berhubung layar sentuh akan sangan sering digunakan, daya tahan yang lama akan sangat penting diperhatikan untuk menahan penggunaan berulang dari waktu ke waktu.

Bagaimana cara memilih panel sentuh?

Seperti yang telah kita diskusikan di atas, ada berbagai jenis teknologi layar sentuh untuk dipilih, masing-masing dengan serangkaian karakteristik dan kemampuan yang berbeda. Meskipun satu jenis teknologi sentuh mungkin dapat melakukan lebih dari yang lain, itu mungkin tidak selalu menjadi pilihan yang paling ekonomis untuk menggunakan teknologi yang paling komprehensif, kecuali jika anda memang membutuhkan semuanya. Saat mempertimbangkan penerapan teknologi layar sentuh, sebagai titik awal Anda haruslah terlebih dahulu mempertimbangkan kebutuhan anda. Tiga pertanyaan ini mungkin bisa membantu anda dalam mempertimbangkan:

  • Apakah anda akan menggunakan monitor layar sentuh untuk operasional point-of-sale anda?
  • Apakah anda ingin menerapkan cara bagi pelanggan untuk menandatangani secara digital?
  • Apakah anda membutuhkan keduanya?

Cara lain untuk memilih solusi yang tepat untuk bisnis Anda adalah dengan mempertimbangkan tujuan bisnis Anda:

  • Apakah Anda perlu mengurangi waktu antrian?
  • Apakah Anda mencari cara lain bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis Anda?
  • Apakah Anda memerlukan cara yang lebih aman bagi pelanggan untuk mendaftar ke layanan?

Kami memiliki serangkaian monitor layar sentuh dan produk digital signage yang berbeda untuk melayani penggunaan umum maupun khusus yang dapat anda telusuri juga. Apa pun tujuan anda untuk menerapkan teknologi panel sentuh, perwakilan layanan pelanggan kami dapat berkonsultasi dengan anda tentang di mana teknologi sentuh mungkin bermanfaat bagi anda. Setelah anda memutuskan cara terbaik untuk menerapkan teknologi layar sentuh, kami dapat membantu anda mengembangkan paket khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik anda.

Permintaan penawaran

Lihat mengapa banyak perusahaan internasional dan domestik terkemuka saat ini menggunakan monitor layar sentuh ViewSonic dan signage digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja mereka. Solusi layar sentuh kami mudah digunakan, mudah diterapkan, dan memungkinkan anda mendigitalkan alur kerja bisnis anda untuk meningkatkan laba bisnis.

Hubungi salah satu perwakilan kami untuk konsultasi gratis; kami akan membantu Anda memutuskan cara terbaik untuk meningkatkan bisnis Anda dengan solusi panel sentuh kami.